Friday, February 24, 2012

Blogging & Dunia Maya Pun Semua Punya Aturan


Ehm....sudah berapa tahun ya aku nge-blog? Bisa dibilang seumur Ruth, 8 tahun. Yup sudah 8 tahunan aku nge-blog yang awalnya aku lakukan di Multiply dan kemudian aku beralih ke blogspot.

Waktu di Multiply, aku banyak belajar berinteraksi dengan orang banyak dari berbagi kalangan sekaligus juga belajar mengenai karakter seseorang lewat tulisannya. Aku ingat sekali punya seorang teman, yang kebetulan nama kita sama, Dewi, dan dia menulis dengan sangat cantik dan bagus di blog nya. Apa yang dia tulis di blog nya sungguh membuat setiap blogger yang mampir betah dan ingin menggali lebih dalam setiap tulisan yang dia hasilnya. Dan tulisan dia pun juga mampu membawa pembacanya mengikuti petualangan hidupnya sebagai seorang ibu muda dengan luar biasa, bagaikan roller coaster. Belakangan tulisannya di blog diterbitkan menjadi sebuah buku, good job, Dewi!

Beberapa tahun belakangan dunia blogging via Multiply, Blogspot, maupun Wordpress (ini akun yang gretongan) beberapa kali geger karena copycat. Yup banyak orang berpikir kalau dunia maya itu bebas, tulisan yang di upload dan nongol boleh dimiliki oleh siapa saja. Main comot tulisan or photo kemudian upload. Haiyaaahhh....dunia maya juga ber-etika lho. Aku masih ingat betul bagaimana sedihnya diriku melihat karya foto-foto kue decoratingku dijiplak oleh salah satu akun di FB di aku sebagai karya miliknya. Please deeehhh!!!! Itu saya bikin kuenya sampai semalaman nggak tidur lhooo...kok kemudian anda dengan mudahnya mencomot foto tanpa ijin dan upload begitu saja di akun FB anda, haiyaahhhhh!!! Langsung saja saat itu aku lapor ke FB dan untuk mem-block akun tersebut dan Puji Tuhan, langkahku di dukung oleh teman-teman di komunitas NCC.

Ya, dunia maya pun punya tata krama dan aturan yang harus dipatuhi. Kalau kita mencomot tulisan seseorang untuk di upload di blog or web kita, mohon cantumkan sumbernya. Klo anda tidak mau mencantumkan sumber tulisan tersebut, anda sudah menyalahi aturan dan bisa disebut sebagai PLAGIAT! Mungkin sangsi hukum tidak akan menghampiri tetapi sangsi sosial yang akan diterima. Bisa jadi para bloggers memblock anda dan sekali di block oleh para bloggers, duhh...bayangkan saja kekuatan dunia maya ini, dalam sekian detik info dikirim nyebarnya ke seantero jagad raya. Mungkin belum pernah kebayang, tapi ini sudah pernah aku saksikan sendiri. Seorang teman yang demen mencomot tulisan dari blog orang lain untuk di post di blog nya tanpa ijin akhirnya ketahuan. Aku rasa dia sudah tidak aktif di blog lagi, karena ya...mana yang mau percaya kalau itu tulisan anda? Yup dunia maya itu modalnya kepercayaan, sekali tidak dipercaya, sulit untuk memulihkannya.

Dalam dunia maya orang pun kadang menulis atau memasang status dengan bebas tanpa berpikir lebih panjang. Bijaksanakah? Ehm...pikirkanlah bahwa setiap yang anda tulis itu langsung akan ter broadcast dan dibaca oleh jutaan orang dalam waktu sekian menit saja.

Maka, jadilah cerdas dalam ber-web blogging, main status di FB, twitter - karena semuanya itu ada peraturan yang harus diperhatikan dan dipatuhi.

Happy blogging all! :-)

No comments:

Post a Comment