Wednesday, January 23, 2013

Liburan Natal 2012 (1)

Walaupun aku suka menulis tapi terkadang penyakit malas menulis juga sering menghinggapi...klo udah macet wedewwww mau bahan tulisan setumpuk juga nggak bakalan dikerjain. Tapi klo mood nya udah bagus, bisa berjam-jam di komputer dan nulis. Hehehehehe......

Okay, sekarang aku coba menuliskan kembali pengalaman berlibur Natal ke Salatiga dengan mengendarai mobil sendiri, pertama kalinya untuk kami sekeluarga. No driver....Papa Jeff yang nyetir sendiri most of the time. Hanya satu kata, HAIBATTT!!!

Jumat, 21 Desember 2012

Sekitar pukul 3:15 dini hari aku sudah bangun dan langsung beberes menyiapkan bekal untuk di mobil sepanjang perjalanan panjang kami ke Salatiga hari itu. Tak lama Papa Jeff menyusul bangun dan langsung mandi. Selesai beberes aku pun langsung gantian mandi dan sekalian membangunkan anak-anak. Ruth dan Jo yang sudah aware bahwa mereka harus bangun pagi-pagi sekali langsung cepat bangun mandi dan bersiap untuk berangkat. Setelah cek dan ricek terakhir, semua barang masuk bagasi dan mobil, akhirnya kamipun memulai perjalanan panjang kami ke Salatiga.

Kami berangkat dari rumah sekitar pukul 4:30 dan ternyata jalanan sudah ramai lancar sampai ke Cikampek. Begitu masuk Cikampek wedeww...langsung tersendat bagai siput tapi masih mengalir pelan. Ternyata arus kendaraan saat di pertigaan Cikampek yang biasanya langsung bisa ke kanan menuju pantura, dibuang lurus lewat jalan alternatif. Kami pun ngikutin arus sampai pada akhirnya ada penduduk kampung yang kasih tanda supaya kami masuk jalur jalanan kampung. Kami ikuti saja sampai ketemu jalan raya. Sayangnya kami kesasar masuk aliran kendaraan yang menuju balik ke Jakarta dan macetnya luar biasa. Kami terjebak dalam arus kendaraan tersebut selama 1 jam. Alamak rasanya sejuta!!! Setelah bertanya ke beberapa pengemudi motor dan juga angkot dan diberitahu kalau kami salah jalan akhirnya begitu ketemu putaran balik pertama kami langsung putar balik dan cari jalan ke arah Cirebon. Walaahh ternyata arus ke pantura lancar jaya!! *dezziigggg* Dalam perjalanan menuju Cirebon kami bertemu Oom Wisnu, my little brother beserta istri dan sahabatnya Bayu yang juga sedang menuju ke Salatiga. Senang juga bisa beriringan. Lancar...lancar....sampai di Ciasem, Subang, berhenti lagi. Beneran berhenti grak! Penyebabnya ternyata perempatan pasar, wedeewww.....selepas dari situ jalanan kembali lancar apalagi saat kami masuk toll Palimanan - Kanci. Papa Jeff langsung ngebut terus sepanjang toll. Toll nya lumayan panjang, sayang toll Bakrie jalannya jelek bangettt....sesampai di ujung toll Pejagan sudah pukul 12 siang, saatnya istirahat untuk makan siang. Sepanjang jalan banyak sekali penjual sate kambing dan akhirnya kami memutuskan berhenti di salah satu restaurant. Aku langsung menghubungi Nining memberitahukan kalau kami istirahat makan siang di Sate Kambing Joss di Pejagan jalur kiri jalan. Nining pun langsung sekalian minta tolong pesan makanan supaya begitu mereka sampai gak perlu nunggu-nunggu lagi. Sate Joss ini enak juga, empuk dan nggak prengus. Bumbu sambel satenya puedesss ngampleng! Ruth dan Jo pesan ayam bakar dan ayam goreng, enak juga gurih karena ayam kampung. Sayang nggak kepikiran untuk motow kuliner kami saat itu.

Usai makan siang, kami kemudian lanjut...cukup lancar perjalanan. Tapi kaki Papa Jeff kram yang sebelah kanan, aku mau gantiin nyetir Papa belum kasih, cuman bisa berdoa dalam hati semoga semua berjalan baik dan selamat, Papanya kuat. Sampai di Pemalang, uhuyyyy....macet lagiiii!!! herman suherman bener, dari jaman aku gadis belasan tahun lalu saat sering bolak balik Salatiga - Jakarta naik bis malam, Pemalang ini biang macet, mosok sampai sekarang masih juga jadi biang macet seehhh??? Yang bikin macet kemarin itu adalah proses pelebaran jalan yang belum rampung. Hadeuuhhh dari dulu deh kayaknya nggak pernah rampung-rampung. Pemalang yang malanggg.......

Puji Tuhan, selepas Pemalang bisa terus lancar sampai di Batang kami berhenti sejenak isi bahan bakar dan akhirnya Papa Jeff menyerahkan stir mobil kepadaku. Uhuuyyy!...kesampaian juga aku nyetir antar kota di Jawa Tengah. Lumayan juga, nggak perlu ngebut-ngebut...ketemu macet lagi pas masuk Semarang, uhuyy bener deh...tapi dinikmati aja pelan-pelan sampai masuk toll Semarang. Pas masuk jalur toll baru, wedewww ndesit bener....baguuussss.....mirip sama toll Cipularang. Mana pas sampai disitu kondisinya hujan gerimis, senja hari magrib...berkabut...keyeeennnn!!! Sayang toll nya belum sampai bawen, kami harus keluar di Ungaran dan...macrettt lagi! Berhubung sudah 6 jam di mobil terus kami putuskan berhenti di Ungaran untuk makan malam. Kebetulan pas keluar toll di sisi kiri ada warung makan menjual bebek dan ayam goreng, belok kesitu sajah. Aku dan Jeff pesan bebek goreng, Kak Ruth dan Jonathan pesan ayam goreng, standard mereka berdua banget hihihihi....Mampir kesini juga makanan gak di foto, soalnya ya biasa aja juga, standard ajah...mayan buat ganjel perut, but next time buat dokumentasi blog aku foto deh... :-)

Usai makan malam kami pun lanjut perjalanan ke Salatiga, duhh tinggal sedikit lagi, aseeekkk....kali ini Papa Jeff kembali ambil kendari stir, daaannn....macet lagiii....soal macetnya Semarang - Salatiga memang sudah di warning oleh beberapa teman-teman yang biasa kerja ngelaju Salatiga - Semarang. Pesannya, "sabar...sabar...sabar.....udah nggak kayak dulu lagi yaa...sabarrr....." dan ternyata mereka memang bener banget. Macetnya wedewww...all the way from Ungaran sampai Karangjati. Busyeettt daaahh...mana saat tanjakan Bandungan ada truk gandeng yang gak kuat nanjak dan dengan santainya berhenti begitu saja di tengah jalan, hadeuuhh....ruwet!

Selepas Karangjati perjalanan jauh lebih baik, rame lancar sampai di Salatiga. Berhubung saat di Ungaran kami coba telpon Pondok Remaja dan ternyata Pondok Remaja full kami nggak bisa nambah semalam, dengan bantuan Nining akhirnya kami bisa dapat kamar di Wisma Tamu UKSW. Puji Tuhan, terima kasih ya Nining dan Wisnu.

Kami tiba di Salatiga dan masuk Wisma Tamu UKSW sekitar pukul 8 malam, jadi perjalanan kami dari Cibubur - Salatiga bisa dibilang sekitar 15 jam. Kami tunda dulu ke rumah Karang Alit ketemu sama Akung dan Uti karena benar-benar sudah lelah. Proses check in berlangsung lancar, dan kamarnya lumayan juga, as usual nambah extra bed. Aku akan tulis review mengenai Wisma Tamu ini di tulisan terpisah.

Habis check in, mandi....semua langsung bobok pulesss......lega akhirnya sampai juga di Salatiga yang sejuk :-)